Selamat Datang | いらっしゃいませ| Welcome

Apa itu Blog?

| Jumat, 08 Februari 2013
Nah, tentang apa itu sebenarnya Blog?


Blog adalah sebuah sarana tempat kita menuangkan pikiran, baik dalam bentuk opini, informasi atau yang lainnya kedalam wadah yang tentu saja hal ini berada di internet. Sebenarnya blog ini merupakan singkatan dari web blog. Blog dibuat dengan berbagai macam tujuan, misalnya memberikan informasi, kampanye, sharing data/file dan berbagai hal lainnya. 

Kebanyakan blog dibuat untuk keperluan personal, seperti membuat diary, atau yang berkaitan dengan hal-hal seperti itu. Dan juga, dari blog kita bisa mendapatkan pemasukan melalui iklan, seperti AdSense (atau yang sejenisnya), postingan berbayar, serta afiliasi. Blog dapat memuat berbagai artikel yang ingin kita tuliskan dalam bentuk post. Para user yang menggunakannya dikenal dengan nama blogger.

Pembuatan blog ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Blog juga bisa kita mapping-kan ke domain yang kita miliki atau kita jadikan sebagai dasar dari website yang ingin kita buat. Karena saya menggunakan blogger.com, maka saya akan menjelaskan bagian-bagian yang ada berkaitan dengan hal pengaturan di blogger.com tersebut. Sebagai pemilik blog kita bisa mengatur apa yang kita inginkan didalam blog melalui semacam tempat khusus yang disebut dashboard. 



Seperti inilah tampilan dashboard (Dikarenakan berbagai hal ada yang ditutup ya XD). Ada beberapa fitur yang memiliki fungsi yang berbeda-beda dan telah saya buat kotak hitam (digambar), antara lain :
  1. Overview. Disini kita dapat melihat secara keseluruhan apa saja yang ada didalam blog, baik itu komentar, pageview untuk hari ini, total post, dan yang lainnya. Namun, hal yang ditampilkan oleh pageviewsnya tidak selengkap yang ada di fitur Stats. 
  2. Posts. Fitur ini dapat menampilkan post yang selama ini telah kita buat, baik dalam bentuk draft atau yang sudah kita publikasikan. Dan, kita bisa meng-edit ataupun men-delete yang tidak sesuai dengan keinginan.
  3. Pages. Menampilkan halaman-halaman khusus yang ada didalam blog kita, kita bisa menampilkannya secara langsung atau kita sembunyikan melalui pengaturan yang ada disini.
  4. Comments. Fitur ini untuk melihat komentar-komentar yang ada didalam blog kita. Dan apabila komentar itu mengandung spam, otomatis komentar itu akan masuk kedalam bagian yang spam.
  5. Google +. Salah satu fitur terbaru dari blogger.com. Dengan ini, kita dapat menghubungkan secara langsung blog kita dengan google+ yang kita miliki.
  6. Stats. Fitur ini menampilkan secara keseluruhan tentang statistik yang ada diblog kita, sejak awal kita mendirikannya. Menampilkan pageviews secara keseluruhan baik saat ini, per-hari, per-minggu, atau selama ini. Tidak hanya itu saja, menampilkan traffic sources, posts yang dibaca, serta para pembacanya berasal dari mana saja (dalam bentuk negara).
  7. Layout. Tempat kita mengatur tata letak yang ingin kita buat di Google dan juga penambahan widget-widget yang kita inginkan.
  8. Template. Mengatur segala hal yang ingin kita tampilkan didalam blog. Meng-customize background, layout, penggunaan warna, tulisan sampai hal-hal detail lainnya. Bisa kita lakukan dengan cara meng-upload template yang sudah kita buat terlebih dahulu, membuat rancangan template melalui Jscript atau Jquery, serta menggunakan layanan simple yang telah disediakan oleh blogger.com.
  9. Settings. Melalui ini, kita dapat mengatur blog kita. Seperti pengaturan dashboard, pengaturan tata komentar, admin dan penulis, serta pengaturan nama blog yang kita inginkan.
Nah, beginilah yang dinamakan blog itu. Karena, saya juga masih pemula saya memohon maaf apabila ada kesalahan XD. Tapi, yang namanya nge-blog itu memang enak :D.






0 comments:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲