Selamat Datang | いらっしゃいませ| Welcome

Jika Blackberry Kecebur

| Minggu, 02 Desember 2012
Kalau anda mengalami hal ini, jangan panik atau putus asa dulu. Masih ada solusi yang mungkin bisa dilakukan. 
Gadget yang sangat penting di era modern ini mempunyai kelemahan yang amat sering kita temui, yaitu AIR. Mungkin handphone yang kecebur kedalam air, baik itu air bersih maupun kotor adalah salah satu penyebab rusak atau mati totalnya dari sebuah handphone. Baru beberapa hari lalu, BB saya kecebur kedalam parit yang kotor dan seperti yang anda lihat diatas begitulah keadaannya sekarang.

Kenapa Blackberrynya nyebur? True Story
Kenapa bisa kecebur? Waktu itu saya selesai bermain futsal dengan senior untuk menentukan pemain yang akan dimainkan untuk turnamen yang diadakan di Fakultas kami. Nah, saya bersiap-siap untuk pulang dengan memasang hoodie. Lalu BB kesayangan saya ini, saya letakkan didalam kantong hoodie. Dan, saya mengeluarkan motor untuk pulang. Tetapi, karena ketidakhati-hatian atau lebih tepatnya kecerobohan. Motor saya nyemplung kedalam parit Щ(º̩̩́Дº̩̩̀щ).

Lalu, dengan dibantu oleh senior-senior motorpun akhirnya diangkat keluar dari dalam parit. Dan, saya merasa lega tidak ada rusak ataupun luka yang dialami. Dengan begitu, saya langsung menuju untuk pulang. Tetapi.... saya baru sadar, BB yang harusnya ada dikantong hoodie tidak ada ditempatnya lagi. Saya lalu kalang kabut, mencari kedalam kantong celana, tas dan berbagai tempat lainnya. Namun, BB itu tidak ada. Baru sadar, sendal saya sebelah juga hilang  (˚▽˚"). "Tadi teringat, barusan ini motor nyemplung ke air" pikir saya. Lalu, saya kembali ke parit tempat motor yang nyemplung tadi.

Tanpa bantuan dari sinar, dalam kegelapan saya langsung terjun ke dalam parit itu. Saya meraba-raba didalam kegelapan, dengan keinginan untuk menemukan BB itu. Satu persatu benda-benda dalam parit itu saya pegangi. Dan, akhirnya saya menemukan BB itu dalam kondisi BASAH dan TIDAK MENYALA. 

Dengan cepat, saya melepaskan satu persatu apa yang ada didalam BB itu, seperti Memory card, Baterai, dan yang lainnya. Lalu saya masukkan kedalam hoodie dalam keadaan terpisah-pisah. Dalam hati, terus berharap agar ini BB ga rusak. Perjalanan pulang kerumah yang memakan waktu sekitar 20 menitan membuat agak panik dalam membawa kendaraan. Alhamdulillah sampai dengan selamat. Sesampainya dirumah, saya teringat kata-kata orang tua saya "Kalau HPnya kecebur dalam air simpan diantara beras-beras". Nah, saya coba membuktikkan hal itu benar atau tidak. 

Saya simpan BB itu didalam tempat beras sekitar 12 jam-an. Setelah itu selama 12 jamnya lagi saya keringkan menggunakan coolpad laptop. Dalam proses yang memakan 24 jam lebih itu, saya mematikkan HP dan dalam kondisi terpisah. Setelah, melakukan hal-hal itu. Alhamdulillah ini BB kembali nyala seperti biasa lagi. 

Nah, dari itu bisa diambil kesimpulan. Beberapa cara jika BB anda mengalami hal yang sama dengan saya : 
  1. Jangan panik dan tetap berpikir logis serta tenang.
  2. Jangan hidupkan Blackberry anda dalam keadaan basah, buka tutupnya dan pisahkan baterai serta memory cardnya.
  3. Letakkan atau balut ditempat yang bisa menyerap air, seperti tisu, kain, ataupun baju. (Dalam hal ini saya menyimpannya dalam hoodie)
  4. Melakukan hal-hal yang bisa mengeringkan, seperti diletak di beras (Walau agak aneh tapi ini saya lakukan loh), dekat dengan kipas angin/AC, di coolpad, atau yang lainnya.
  5. Jangan sampai anda menggoyangkan Blackberry/HP anda dalam keadaan basah, karena itu dapat mengakibatkan air-air yang ada disana akan mengalir ketempat lain dan itu bisa FATAL!. 
  6. Keep pray to the god and always optimistic. Terus berdoa dan berharap agar HP anda dapat kembali seperti semula.
Kalau anda tidak yakin dengan cara-cara diatas, lakukan cara dibawah ini :
  • Untuk lebih memastikan bawalah Blackberry anda ketempat yang resmi untuk dicheck. (Saya belum melakukannya :D)
Inilah beberapa hal yang saya lakukan ketika BB saya kecebur. Dan, alhamdulillah bisa kembali seperti semula XD. 



0 comments:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲