Selamat Datang | いらっしゃいませ| Welcome

Siapa itu AKB48?

| Sabtu, 18 Agustus 2012

Dari sebuah idol group di Akihabara, menjadi fenomena di Jepang dan Asia, sekarang di seluruh dunia.





"The Idols you can meet, everyday"

Kalau sekarang mungkin ga ada yg ga kenal lagi, coba kalau tahun 2006 - 2009 nama idol group ini masih asing ditelinga kita. Awalnya saya kenal AKB48 karena ikut dalam forum yang membahas tentang Jepang (mulai dari manga, anime, movie, bahkan J-Music). Dulu taunya cman Acchan aja :D, soalnya dia paling sering muncul di Dorama ama CM (karena dia center AKB48). Itupun taunya, baru ketika tahun 2007-2008 an. Cuman waktu itu ga terlalu kentara ngikutinya.

Oshimen saya : Acchan + Mariko neechan 

Kenapa sekarang bisa ngefans penuh? yah itu gara2 pengaruh teman ama di forum2 luar juga :D. Setelah itu coba mengikutinya terus-menerus mulai dari Single2nya yang lagi nge hits ampe yang udah lama banget. Ternyata mereka beda dengan Girlband. "They're Aidoru !!!", tidak hanya bisa menyanyi, cantik dan dance, mereka juga mempunyai bakat-bakat dibidang lain, seperti akting, olahraga, ataupun lainnya. Inilah yang membuat perbedaan mereka dengan Girlband.

Yak sekarang apa itu AKB48? Bagaimana bisa terbentuk? Nah ini diaaaa.....

AKB48 (dibacanya bukan AKB Empat Delapan namun A.K.B Forty Eight (in english)) adalah sebuah idol group yang saat ini totalnya mencapai 89 orang (ditambah dengan Kenkyuusei). Grup ini didirikan oleh seorang Producer kenamaan yaitu Yasushi Akimoto. Akimoto-sensei adalah seorang professor, pembuat lirik, producer yang amat kenamaan di Jepang. Jauh sebelum AKB48 berdiri, ia telah membuat Onyanko Club (idol group pada tahun 1980 an).

Nama AKB48 diambil dari daerah Akihabara (daerah para otaku di Jepang ini mah :)) ) dimana mereka mempunyai theater tempat manggung mereka di Don Quijote Store, tepatnya lantai 8, sementara 48 diambil dari nama boss office 48, yaitu Shiba Kotaro (芝幸太郎), (Shiba =48). Ide akimoto itu kemudian diiklankan sebagai "idols you can meet", untuk menciptakan sebuah grup teater yang berbasis idola dimana penggemar bisa melihat mereka setiap hari. 

Hingga kini akb48 masih melakukan di teater setiap hari, karena permintaan yang besar, tiket kini didistribusikan dengan menggunakan lotere.Hingga kini, mereka masih mengadakan acara di tempat itu. Pada awalnya, diselebaran pamflet2 namanya Akihabara48 :D, dan banyak orang yang memanggilnya Akiba48 -___-. Padahal, itu bukan nama resmi.

Ketika pengaudisian generasi pertama yang terpilih cuman 20 orang dari 7924 orang. Dan mereka dilabeli dengan Tim A. Di AKB48 ada 4 tim (saat ini), dan nama-nama tim itu, Tim A, Tim K, Tim B, dan Tim 4 ditambah dengan Kenkyuusei (yang masih belajar).
Setiap tim memproduksi konsernya sendiri di theater.

Sekarang AKB48 sudah mempunyai beberapa sisters group, seperti SKE48, HKT48, NMB48, SDN48 (udah bubar), dan JKT48. Secara keseluruhan jumlah mereka adalah 89 orang (AKB48nya aja), dan tercatat di Guinness World Record sebagai Grup pop terbesar didunia.

Di AKB48 untuk memilih siapa2 yg akan tampil di sebuah MV (Music Video), diadakan semacam pemilihan yang disebut Senbatsu Sousenkyou. Awalnya sih, Akimoto-sensei aja yang milih, tapi karena banyak fans yang tidak setuju diadakanlah pemilihan yang sampai sekarang berjalan. Tidak hanya pemilihan saja, bahkan permainan Jan-ken-pon (gunting-batu-kertas) dijadikan ajang untuk penentuangnya juga.

Mereka sudah mengeluarkan 27 single (mayor label), 2 single (indie label), dan 5 Album.


Daftar Single dan Album:

Singles

Indie
"Sakura no Hanabiratachi"
"Skirt, Hirari"
Major
"Aitakatta"
"Seifuku ga Jama o Suru"
"Keibetsu Shiteita Aijō"
"Bingo!"
"Boku no Taiyō"
"Yūhi o Miteiru ka?"
"Romance, Irane"
"Sakura no Hanabiratachi 2008"
"Baby! Baby! Baby!"
"Ōgoe Diamond"
"Jūnen Zakura"
"Namida Surprise!"
"Iiwake Maybe"
"River"
"Sakura no Shiori"
"Ponytail to Shushu"
"Heavy Rotation"
"Beginner"
"Chance no Junban"
"Sakura no Ki ni Narō"
"Everyday, Kachūsha"
"Flying Get"
"Kaze wa Fuiteiru"
"Ue kara Mariko"
"Give Me Five!"
"Manatsu no Sounds Good!"
"Gingham Check"

Albums
2008: Set List: Greatest Songs 2006–2007
2010: Kamikyokutachi
2010: Set List: Greatest Songs Kanzenban
2011: Koko ni Ita Koto
2012: 1830m


Kalau memang ingin lebih tau lagi tentang AKB48 and Fam, ditunggu aja yak atau kalau ga bisa lihat film-film dokumenternya semacam AKB48 Show Must Go On ama acara-acaranya :D. 

0 comments:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲